Biografi Imam Muslim

IMAM MUSLIM ( 204 H – 261 H / 820 M – 875 M )

NAMA DAN TANGGAL KELAHIRANNYA
Nama lengkapnya ialah Abul Husain Muslim bin al Hajaj al Qusyairy. Beliau dinisbatkan kepada Nisabury karena beliau adalah putra kelahiran Nisabur pada tahun 204 H / 820 M yakni sebuah kota kecil di Iran bagian timur laut. Beliau juga dinisbatkan kepada nenek moyangnya Qusyair bin Ka'ab bin Robi'ah bin Sho'sho'ah sebuah keluarga bangsawan besar.


PERHATIANNYA DALAM ILMU HADITS
Imam Muslim rohimahulloh adalah salah seorang muhadditsin,hafidz lagi terpercaya, terkenal sebagai ulama yang gemar bepergian mencari hadits. Beliau kunjungi kota Khurosan untuk berguru hadits kepada Yahya bin Yahya dan Ishaq bin Rohawaih. Didatanginya kota Rey untuk belajar hadits kepada Muhammad bin Mihron,Abu Hassan dan lain-lainnya. Di Iraq ditemuinya Ibnu Hanbal,Abdulloh bin Maslamah dan lainnya. Dan di Mesir beliau berguru kepada 'Amir bin Sawad,Harmalah bin Yahya dan kepada ulama hadits yang lain.


GURU-GURU DAN MURID-MURIDNYA
Selain yang telah disebutkan diatas,masih banyak ulama hadits yang menjadi gurunya seperti Qotadah bin Sa'id,al Qo'naby,Ismail bin Abi Uwais,Muhammad bin al Mutsanna,Muhammad bin Rumh dan laini-lainnya.
Ulama-ulama besar,ulama-ulama yang sederajad dengan beliau dan para hafidz banyak yang berguru hadits kepada beliau seperti abu Hatim,Musa bin Haron,Abu Isa at Tirmidzy,Yahya bin Sa'id,Ibnu Khuzaimah dan Ahmad bin Mubarok dan lain-lain.

KARYA-KARYANYA
Dalam bidang perhaditsan, beliau banyak menyumbangkan karya-karyanya kepada umat Islam,antara lain:
1-Jamii'ush-Shohih
Para ulama menyebut kitab shohih ini sebagai kitab yang belum pernah didapati sebelum dan sesudahnya dalam segi tertib susunannya,sistematika isinya,tidak bertukar-tukar dan tidak berlebih dan tidak berkurang sanadnya. Secara global kitab ini tidak ada bandingannya didalam ketelitian menggunakan isnad.
Telah diketahui oleh jumhur ulama, bahwa shohih Bukhory adalah seshohih-shohih kitab hadits dan sebesar-besar pemberi faedah. Sedang shohih Muslim adalah secermat-cermat isnadnya dan sekurang-kurang pengulangannya. Sebab sebuah hadits yang telah beliau letakkan pada suatu bab tidak lagi ditaruh pada bab yang lain.
Al Hafidz Abu Ali an Nisabury berkata: "Dibawah kolong langit tidak terdapat seshohih kitab hadits selain kitab shohih Muslim ini".
Kitab shohih Muslim ini berisi sebanyak 7.273 buah hadits termasuk dengan yang di ulang-ulang. Kalau dikurangi dengan hadits yang di ulang-ulang, tinggal 4000 buah hadits.

2-Musnadul-Kabir ( مسند الكبير ) yaitu kitab yang menerangkan nama-nama rijalul hadits.
3-Al-Jami'ul-Kabir ( الجميع الكبير )
4-Kitabul 'ilal wakitabu auhamil muhadditsin ( كتاب العلل وكتاب أوهم المحدثين )
5-Kitabut-Tamyiz ( كتاب التمييز )
6-Kitabu man laisa lahu illa rowin wahidin ( كتاب من ليس له إلا راو واحد )
7-Kitabut-Thobaqotit-tabi'in ( كتاب طبقات الالتابعين )
8-Kitabul-Muhadlromin ( كتاب المحضرمين )

TANGGAL WAFATNYA
Beliau wafat pada hari Minggu bulan Rojab tahun 261 H / 875 M dan dikebumikan pada hari Senin di Nisabur

posted under |

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Locations of visitors to this page

Just An Ordinary Man

Total Pageviews



Anda pengunjung ke :
blogger graphics
printer stand


Recent Comments